Dalam Penanganan Covid, DPRD Lamsel Minta Dilibatkan

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara komisi II dan IV DPRD Lampung Selatan, dengan tim gugus tugas kabupaten setempat, terungkap bila para wakil rakyat sepertinya selama tidak dilibatkan oleh pihak eksekutif dalam penanganan Covid-19.

Dalam RDP yang digelar di aula rumah dinas Ketua DPRD itu, Kamis 11 Juni 2020, pihak legeslatif meminta agar mereka dilibatkan secara langsung dalam penanganan covid.

Bacaan Lainnya

Hal ini bukan tanpa alasan, selain sebagai pihak yang mewakili rakyat, pihak DPRD itulah yang langsung mendengarkan masukan dan keluhan dari masyarakat setidaknya didapilnya masing-masing.

Seperti yang disampaikan Muslim Ketua Komisi IV DPRD Lampung Selatan. Ia meminta agar pihak legeslatif dilibatkan setidaknya dalam merealisasikan bantuan untuk masyarkat.
“Diposko (gugus tugas) itukan masih ada sembako, kami minta dilibatkan. Namun demikian, kami juga meminta data siapa yang berhak menerima supaya dapat tepat sasaran,” kata politisi Golkar itu.

Permintaan itu sepertinya cukup beralasan, karena dikatakan Muslim dari laporan yang Ia terima di lapangan masih banyak bantuan yang tumpang tindih. Contohnya, penerima PKH masih ada mendapatkan sembako dan lainnya.
“Kami yang tahu kondisi dibawah, karena kami mendengar langsung keluhan di bawah, karena kami tiap hari terjun ke lapangan, walaupun kalian juga terjun,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Lampung Selatan Halim Nasa’i. Ia meminta agar pihak eksekutif tidak seolah-olah berjalan sendiri. Pasalnya, sebagai wakil rakyat DPRD berhak tahu dalam penggunaan anggaran daerah.
“Kita tidak perlu lagi berbicara berapa besar anggaran, tapi yang kita bicarakan sekarang ini bagaimana realisasinya. Apakah sudah efektif, apakah sudah tepat sasaran. Kita minta transparansinya,” kata polisiti PAN itu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah sekaligus Sekretaris Gugus Tugas Lampung Selatan Thamrin menyatakan bila, pihaknya terbuka dan memang selama ini pihaknya sudah menunggu para anggota DPRD Lampung Selatan untuk datang ke posko gugus tugas.
“Jadi kita bisa bersama-sama untuk turun merealisasikan bantuan itu,” tandasnya,” (Lex)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *