Hujan Semalam Sebabkan Banjir di Sejumlah Daerah, Pemkab Lamsel Siapkan Bantuan

Ist/fotokita

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah di Kabupaten Lampung Selatan pada Kamis 11 Juni 2020 malam menyebabkan banjir disejumlah titik

Salah satu titik yang cukup parah yakni di Dusun Jembat Besi, Desa Gunung Terang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Bacaan Lainnya

Hujan deras disertai petir yang terjadi sekitar pukul 23.30 itu menyebabkan banjir sampai setinggi 1 meteran.

Menurut penuturan salah seorang warga, genangan air masuk ke dalam rumahnya sekitar pukul 00.00 WIB, Jum’at 12 Juni dini hari.
“Air mulai masuk rumah sekitar jam 12-an. Kalau diluar lebih parah lagi sampai setinggi bahu orang dewasa,” kata Nuh kepada wartawan.

Ist/fotokita

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) M Darmawan saat dihubungi Jum’at pagi menjelaskan bila, banjir yang dikarenakan hujan semalam cukup parah. Pasalnya, banyak rumah warga yang terendam air.
“Oh, banyak itu. Ini tim lagi turun dan melakukan pendataan,” kata Darmawan.

Selain itu, banjir juga melanda di daerah Kecamatan Sragi. Dimana, banjir disebabkan akibat luapan sungai Waysekampung.
“Bahkan info yang masuk, ada yang roboh juga. Nanti setelah data rampung akan kita sampaikan,” jelasnya.

Ia pun menegaskan, pemerintah daerah tengah menyiapkan bantuan bagi masyarakat korban banjir akibat hujan lebat semalam.
“Iya, ini data dulu nanti akan kita salurkan bantuan,” tandasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Dinas Sosial Lampung Selatan Dulkahar. Ia menyatakan, pemkab akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat.
“Ia, nanti kita bersama BPBD turun untuk menyalurkan bantuan. Mungkin setelah data sudah ada, kita langsung turun,” tandasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, banjir juga melanda Dusun Sidosari, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo. Banjir merendam 25 rumah warga komplek perumahan Griya dengan ketinggian air antara 1 meter.

Selain itu, banjir juga melanda di Dusun Pati, Desa Sidowaluyo, Kecamatan Waypanji. Ketinggian air mencapai 0,5-1 meter dan menutupi badan jalan.

Tak hanya itu, banjir juga menerjang dusun Kediri dan Bandung di Desa Sidoharjo akibat hujan semalam. Ketinggian air mencapai 30 Cm.

Lalu, banjir juga melanda di 3 dusun di Desa Rawaselapan, Kecamatan Candipuro. Ketinggian air mencapai 30 Cm. Namun, kondisi pagi ini air terpantau telah surut

Terakhir, banjir merendam desa Sukamaju dan Desa Purwodadi Kecamatan Waysulan. Kondisi air setinggi 0,5-1 meter yang diakibatkan luapan air sungai Buncil. (Lex)

About The Author

Pos terkait