Data Bansos Dieluhkan, Hipni : Jika Terpilih Kita Perbaiki Agar Tepat Sasaran

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Calon Bupati Kabupaten Lampung Selatan nomor urut 3, Hi Hipni SE menegaskan, akan membenahi daftar penerima bantuan sosial (bansos) apabila diberikan amanah untuk memimpin kabupaten setempat.

Hal ini dilaksanakan bukan tanpa alasan, mengingat baik data bansos PKH maupun BPNT sekarang berubah nama menjadi Program Sembako itu dinilai belum tetap sasaran, lantaran warga yang masuk dalam kriteria keluarga penerima manfaat (KPM) namun tak terakomodir secara merata.

Bacaan Lainnya

Penegasan ini disampaikan Hipni, calon bupati yang berpasangan dengan Hj Melin Haryani Wijaya saat melakukan kampanye tatap muka di Kecamatan Merbaumataram, Sabtu 7 November 2020.
“Banyak warga yang mengadu ke saya, jika kondisi keluarganya lebih dari pantas untuk mendapatkan bansos. Bahkan dibandingkan dengan sejumlah penerima, keadaannya jauh lebih buruk. Untuk itu kedepannya masalah seperti ini harus kita tata. Mana yang lebih berhak, mana yang lebih pantas harus didahului,” kata Hipni.

Menurut pria yang dikenal pengusaha sukses asal Kecamatan Palas ini, meski bansos PKH dan BPNT ini merupakan program pemerintah pusat, namun untuk daftar penerima bansos pemerintah daerah memiliki peran. Karena data yang dipakai Kementerian Sosial RI untuk penerima bansos, bahkan bansos terdampak Covid-19 merupakan data lama.

Menurutnya, pemda wajib melakukan verifikasi faktual (Verfak) secara berkala terhadap daftar masyarakat penerima bansos. Agar bansos tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat yang lebih berhak.
“Meski program pemerintah pusat, tapi pemerintah daerah punya peran dan kewajiban untuk menentukan warga masyarakatnya yang berhak, dan mana warga yang sudah tidak pantas lagi menerima bantuan sosial. Jadi nantinya saya pastikan mana yang tidak lagi berhak harus dicoret diganti dengan masyarakat yang lebih membutuhkan. Kalau perlu nanti usulannya kita minta tambah kuota ke pusat,” imbuh calon Bupati Lampung Selatan yang diusung oleh PAN, Gerindra dan PKB ini.

Dalam kegiatan sosialisasi itu, nampak Hipni didampingi oleh 2 anggota DPRD Lamsel asal dapil Merbau, yakni Dwi Riyanto dari fraksi Gerindra dan Sukardi dari PAN. (Tim)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *