Ancaman Pohon Roboh ‘Teror’ Pengguna Jalan Lintas Sumatera

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Sederetan pohon besar yang berdiri kokoh disepanjang jalan lintas sumatera (Jalinsum) Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, meneror para pengguna jalan.

Pasalnya, ranting-ranting pohon jenis raksasa itu sebagian besar menjangkau badan jalan nasional. Kondisi itu terpantau sejak pengendara masuk dari gerbang Jalinsum Kalianda sampai ke arah Masjid Agung Kalianda.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan catatan, tidak sedikit pengguna jalan yang terdampak akibat pohon tumbang di Jalinsum Kalianda. Bahkan, pernah ada pengguna jalan yang sampai meninggal dunia usai tertimpa pohon roboh di Jalinsum depan SMPN 2 Kalianda.

Kondisi itu semakin diperparah, karena dalam tiga pekan terakhir ini kondisi cuaca sedang tidak bersahabat, karena angin kencang.

Dulu sekali, pemerintah setempat bersama stakeholder terkait rutin memangkas ranting-ranting pohon yang menjulur ke arah badan Jalinsum, namun sekarang ini kegiatan sebagai langkah mitigasi itu, jarang terpantau ada.

Akibat kondisi tersebut, para pengguna jalan pun diharapkan dapat mewaspada diri saat melintasi jalan tersebut. Pasalnya, ancaman pohon tumbang di Jalinsum Kalianda itu, bisa terjadi kapan saja dan dapat mengancam nyawa.

Menurut salah seorang pengguna jalan yang berprofesi sebagai jasa ojek, dirinya merasa agak khawatir karena kondisi pohon-pohon di Jalinsum. Pasalnya, saat ini angin kencang sering melanda wilayah setempat.
“Apalagi kalau sore dan malam, anginnya kenceng bener. Itu yang sangat berbahaya dan menjadi ancaman bagi seluruh pengguna jalan,” kata Zulfikar, Selasa 3 Januari 2023.

Ia pun berharap, pihak terkait dapat segera memangkas dahan-dahan pohon yang sudah terlalu lebat, karena dikhawatirkan jika tidak segera dipangkas dapat saja tumbang diterpa angin kencang dan menimpa pengguna jalan.
“Lebih baik dilaksanakan (pemangkasan atau semacamnya_red) sejak dini, jangan sampai nunggu ada korban dulu, baru mau bertindak,” kata warga Kecamatan Rajabasa itu. (Lex)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *