Desa Tarahan Masuk Target Dinas PMD Lampung Selatan

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan, memproyeksikan Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, masuk dalam proyeksi 25 desa wisata potensial.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PMD Kabupaten Lampung Selatan Erdiyansyah melalui pesan aplikasi What’s app, Jum’at 11 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Menurut Erdiyansyah, Desa Tarahan memiliki banyak potensi. Hal itu semakin didukung karena desa tersebut letak wilayahnya strategis, dimana hanyak sekitar 15 menit dari Bandarlampung.
“Di Desa Tarahan terdapat wisata Pantai Sebalang, Pantai Selaki, Hutan Mangorve. Selain itu, ada kerajinan tapis dan kuliner seafoodnya,” jelasnya.

Yang semakin menguatkan Desa Tarahan masuk dalam target tersebut karena juga, pelayanan pemerintahan di desa setempat telah berbasis digital atau smartvillage.
Nah, ini semakin di topang karena banyak perusahaan industri disana, yang diharapkan dapat bersinergi dan saling mendukung,” kata Erdiyansyah.

Erdiyansyah merinci, saat ini pihak desa telah mempromosikan penjualan produk UMKM/tapis melalui pemasaran digital, karena kini disana telah memiliki studio marketing by online. Hal itu diyakininya, dapat memperluas pasar, karena tidak hanya menjangkau market lokal.

Selain itu, Balai Desa Tarahan juga telah berfungsi sebagai galeri tapis dan produk UMKM. Sehingga dapat digelar workshop tapis dan dapat melihat langsung proses pembuatan, bahkan pengunjung dapat coba membuatnya.
“Kami informasikan juga bahwa, Desa Tarahan saat ini sedang mengikuti lomba UMKM tingkat nasional. Lomba itu hanya di ikuti Desa Tarahan dari Lampung Selatan,” terangnya.

Dengan berbagai keunggulan yang ada, menyebabkan Desa Tarahan, Lanjut Erdiyansyah, masuk dalam proyeksi 25 desa wisata potensial di Lampung Selatan.
“Selanjutnya, Dinas PMD Lampung Selatan akan memberikan pendampingan, motivasi dan akses ke permodalan melalui BUMDes ke jasa keuangan,” ungkapnya.

Sesuai arahan bupati Hi Nanang Ermanto, Ia mengajak semua lapisan dapat meningkatkan potensi telah ada dan terus mempromosikan daerahnya.
“Semua tinggal bagaimana itu ditingkatkan dan dipromosikan. Sehingga, ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan desa,” ucap mantan Camat Kalianda itu. (Lex/RL)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *