Kabupaten Lampung Selatan Mendapatkan Penghargaan di Pernas Adinkes 2024

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Kabupaten Lampung Selatan kembali menyabet penghargaan level nasional. Penghargaan tersebut untuk bidang kesehatan.

Pemberian penghargaan itu ditujukan kepada Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, dalam kegiatan pertemuan nasional (Pernas), yang digelar oleh Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes) di Palembang, Selasa 17 September 2024, malam.

Ganjaran berupa penghargaan ini adalah hasil kinerja dinas kesehatan secara teknis, dengan capaian baik dalam mobilisasi sumber daya penanggulangan AIDS-Tuberculosis-Malaria (ATM).

Penghargaan tersebut diterima Kabupaten Lampung Selatan bersama dengan 98 pemerintah kabupaten/kota lainnya, karena dinilai mampu melakukan pencegahan dan Pengendalian terhadap penyakit AIDS-Tuberculosis-Malaria (ATM).

Berdasarkan kajian data Epidemiologi, Kabupaten Lampung Selatan selama tiga tahun sejak 2021-2023 angka prevalensi TBC dibawah 206 per 100.000 penduduk. Sementara Angka Kejadian malaria/angka API (annual Paracite Incidens) dibawah angka 1 per 1000 penduduk dan angka prevalensi AIDS dibawah 0,01 persen.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Hari Surya Wijaya mengatakan, pemberian penghargaan itu tidak terlepas dari pada komitmen pemerintah daerah dalam mendukung penanggulangan penyakit.

Dimana, komitmen tersebut dijalankan bersama lintas sektoral serta implementasi kawasan tanpa rokok (KTR) melalui Corporate Social Responsibility (CRS).

“Nah, itu dianggap sukses, makanya pak bupati di undang untuk menerima penghargaan pada malam ini,” kata Dia.

Hari pun menyampaikan, jika Lampung Selatan saat ini sudah berstatus bebas malaria. Selain itu, Lampung Selatan juga mampu menekan kasus TB, sehingga dinobatkan sebagai daerah terbaik tingkat nasional pada tahun 2023.
“Nah, kedepan kita semua terus berkomitmen untuk pengendalian berbagai penyakit tersebut. Khusus penyakita malaria, di kawasan pesisir Lampung Selatan,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan Hari Surya Wijaya, mewakili bupati Nanang Ermanto menerima secara langsung penghargaan berskala nasional tersebut. (Lex)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *