Disiapkan, Tahun Depan Damkar Jadi Dinas Sendiri

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Pemkab Lampung Selatan saat ini tengah menggodok persiapan organisasi perangkat daerah (OPD) baru yakni Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Akar Wibowo memperkirakan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan akan efektif pada tahun depan atau 2021.
“Makanya hasil rapat tadi, diusulkan oleh Kasat Pol-PP dan Damkar untuk ada pemecahan OPD baru dengan nama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan,” ujarnya Selasa 22 September 2020.

Bacaan Lainnya

Ia pun menyebutkan, bila melihat rentang kendali dan kondisi, wajar bila dilaksanakan pemecahan/pemekaran dinas tersebut.
“Kalau berbicara jumlah personil yang saat ini belum ideal, pasti akan diisi dan dilengkapi termasuk fasilitasnya. Utamanya, kita buatkan dulu rumahnya, baru fasilitasnya dilengkapi,” jelas mantan kepala BKD Lampung Selatan itu.

Akar menjelaskan, sekarang ini pihaknya masih dalam tahap penyusunan peraturan daerah (perda) soal pembentukan dinas baru tersebut yang mengacu pada Permendagri nomor 16 tahun 2020 tentang pembentukan dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan. Dan Perda itu akan diajukan tahun ini.
“Inikan bentukan simultan. Perda dibuat, anggaran diusulkan. Kalau dinasnya sudah jadi, otomatis akan diisi. Termasuk SDM-nya, peralatannya, admistrasi-nya, dengan adanya berdiri sendiri ini, guna mendekati diri terhadap pelayanan masyarakat,” tukasnya. (Lex)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *