Menteri Edhy Prabowo Akan ke Kawasan Budidaya Udang Berkelanjutan

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo dijadualkan akan mengunjungi kawasan budidaya udang berkelanjutan di Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, pada Desember 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan Kasubid Sarana dan Prasarana, Direktorat Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Ridho Karya Dongoran dalam kegiatan rapat kelompok kerja (pokja) kluster tambak udang di Aula Krakatau, Kamis 15 Oktober 2020.

Bacaan Lainnya

Ikut dalam kegiatan itu staf ahli bupati Akar Wibowo yang mewakili Pjs bupati Sulpakar, Kepala Dinas Perikanan Dr Meizar M dan beberapa pihak terkait.

Ridho menyatakan, kedatangan Menteri Edhy Prabowo ke Kecamatan Ketapang dimungkinkan pada minggu ke 2 atau ke 3 pada bulan Desember 2020
“Kami memberikan apresiasi buat pak kadis Perikanan, karena terus mendukung dari segi perizinan dan melakukan verifikasi sampai di pilih (Desa) Pematang Pasir,” ungkapnya.

Ia pun sempat bercerita kenapa Lampung Selatan dipilih sebagai kawasan budidaya udang berkelanjutan, lantaran potensi di daerah setempat secara keseluruhan merupakan daerah raksasa ikan.
“Di Indonesia yang mendapatkan bantuan ini ada 5 daerah antara lain, Aceh Timur, Cianjur, salah satu daerah di Pulau Kalimantan, Buol daerah di Pulau Sulawesi dan Lampung Selatan,” ungkap Ridho.

Ridho pun menjelaskan kenapa pembangunan kawasan budidaya udang berkelanjutan secara fisik baru mau dilaksanakan, lantaran izin dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) baru saja keluar. Dimana izin tersebut untuk lahan seluas 5 hektar.
“Untuk itu, akan dibantu seluruh sarana dan prasarananya seperti tambak, alat kincir, pompa, pakan sampai benur-nya. Nanti, pak menteri yang akan menebar-nya,” katanya.

Ia pun menargetkan, apabila hal itu sudah berjalan, setidaknya dapat menghasilkan 15 ton setiap kali panen.
“Utamanya, supaya ada peningkatan pendapatan bagi kelompok penerima,” tandasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Akar Wibowo berharap, dengan adanya program kawasan budidaya udang berkelanjutan tersebut Kabupaten Lampung Selatan dapat menjadi lumbung udang nasional. (Lex)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *