Bupati Lamsel Lepas 58 Mahasiswa STAI Yasba Kalianda Untuk Jalani KKN

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melepas 58 mahasiswa dan mahasiswi dari Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pembangunan (STAI Yasba) Kalianda.

Rencananya, puluhan mahasiswa dan mahasiswi tersebut akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan.

Bacaan Lainnya

Pelepasan mahasiswa KKN Tahun Akademik 2021/2022 STAI Yasba itu berlangsung di Aula Sebuku, rumah dinas bupati Lampung Selatan, Rabu (03/02/2022).

Turut hadir, Ketua Yayasan STAI Yasba Kalianda M. Yakub Yuhira dan Ketua STAI Yasba Arpandi, serta pejabat utama di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Ketua Pelaksana KKN STAI Yasba Tahun Akdemik 2021/2022, Feriyansyah menjelaskan, KKN tersebut diikuti 58 mahasiswa dan mahasiswi dari 4 Program Studi (Prodi). Yakni, Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Pendidikan Anak Usia Dini.
“Nantinya mahasiswa dan mahasiswi STAI Yasba Tahun Akdemik 2021/2022 ini akan melakukan pengabdian di Kecamatan Ketapang meliputi Desa Sumur, Ruguk, Berundung, Lebung Nala, dan Kemukus,” terang Feriyansyah dalam laporannya seperti rilis yang terima Beritakita.co.id dari pihak Diskominfo Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Feriyansyah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Lampung Selatan, Camat Ketapang, serta para kepala desa yang telah bersedia menerima KKN mahasiswa dan mahasiswi STAI Yasba Kalianda Tahun Akdemik 2021/2022.
“Mereka akan melaksanakan KKN kurang lebih selama 40 hari, hingga tanggal 11 April mendatang. Semoga ilmu dan pengalaman yang didapat selama kuliah dapat diimplemantasikan di masyarakat,” katanya.

Ketua STAI Yasba Kalianda Arpandi menambahkan, program KKN merupakan salah program mata kuliah wajib bagi mahasiswa STAI Yasba yang dilaksanakan setiap tahun.
“Selain untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa melalui keterlibatan langsung di masyarakat, KKN merupakan implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,” kata Arpandi.

Untuk itu, dirinya berpesan agar mahasiswa/mahasiswi yang akan melaksankan KKN dapat berbaur dan dapat mengimplementasikan ilmunya serta bermanfaat bagi masyarakat.
“Semoga mahasiswa dan mahasiswi yang akan melaksanakan KKN dapat bertugas dengan baik, bertanggungjawab dan sukses,” pesan Arpandi.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus beserta jajaran STAI Yasba Kalianda atas kontribusinya terhadap dunia pendidikan di Lampung Selatan.
“Karena dengan adanya STAI Yasba ini artinya turut membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal di Lampung Selatan,” ujar Nanang.

Kepada mahasiswa dan mahasiswi yang melaksanakan KKN, Nanang berpesan agar dapat melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tridharma Perguruan Tinggi. Untuk itu, dia meminta peserta KKN mempersiapkan diri dengan baik.
“Ini kesempatan untuk melakukan pembelajaran dan pemberdayaan kepada masyarakat. Semoga ilmu dan pengalaman yang didapat selama KKN nanti bisa memperluas wawasan keilmuan adik-adik dan bisa memberi manfaat kepada masyarakat luas,” kata Nanang.

Disamping itu, Nanang juga berharap, keterlibatan mahasiswa dan mahasiswi STAI Yasba di dalam masyarakat, mampu memberi warna ditengah-tengah masyarakat.
“Munculkan ide-ide kreatif serta susun perencanaan yang baik dengan melibatkan masyarakat sekitar. Sehingga akan tumbuh rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama untuk mengimplementasikan rencana-rencana yang telah dibuat,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *