Ratusan Juleha di Rapid Tes, Begini Protokol Pemotongan Hewan Kurban

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Ratusan juru sembelih halal (Juleha) di Kabupaten Lampung Selatan, dilakukan pemeriksaan rapid tes.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Lampung Selatan Arsyad menjelaskan, pihak dinas terkait mengusulkan sekitar 300 orang Juleha yang akan rapid tes mulai dari hari ini Selasa 28 Juli – Kamis 30 Juli 2020.
“Iya, dinas kesehatan yang melaksanakan rapid tes itu sampai dengan Kamis,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Bacaan Lainnya

Ia menegaskan, tujuan pelaksanaan rapid tes tersebut kepada Juleha supaya pihak-pihak yang melaksanakan kurban bebas dari Covid-19.

“Karena inikan menyangkut orang banyak, makanya ini dilaksanakan rapid. Tentunya dalam pelaksanaan harus juga mengedepankan protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker, pakai sarung tangan, tidak boleh sembarangan berludah, tidak merokok (selama proses kurban) dan jaga jarak,” kata Arsyad.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Lampung Selatan dr Diah Anjarini mengatakan, pihak dinas-nya menyediakan sekitar 500 alat rapid tes untuk pemeriksaan (profesi) Juleha tersebut.
“Kalau jumlah yang diperiksa, sesuai yang diajukan dinas (disnakkeswan). Kalau alat yang disediakan sekitar 500 alat rapid tes,” tandasnya. (Lex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *