Sinergitas Kodim 0421/LS Dengan PLTU Sebalang

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – PT PLN (Persero) menggandeng Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), dalam hal ini Pers KODIM 0421/LS, guna mendampingi karyawan PLTU dalam penerimaan dan pengujian batubara yang memasok kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Kerjasama tersebut pada tahun 2015 yang ditandai dengan penandatanganan kerjasama yang dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, dengan Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada saat itu.

Bacaan Lainnya

Nota kesepahaman yang berlaku selama beberapa tahun ini meliputi pendampingan oleh TNI AD pada proses penerimaan dan pengujian batubara serta pelatihan personel dalam rangka pengujian kuantitas dan kualitas batubara yang digunakan sebagai energi primer pembangkit PLN.

Asisten Manager Pemeliharaan Coal Ash and Handling (Edi Markuat) PLTU Sebalang menyatakan, kerjasama ini bagian dari upaya mendukung sistem ketenagalistrikan nasional.
“Selain kerjasama ini, kami meminta bantuan TNI Angkatan Darat untuk pengamanan daerah di sekitar objek PLN seperti jalur transmisi yang sering mendapat gangguan. Ini dilakukan untuk menangkal semua hal yang menggangu kedaulatan energi nasional,” kata Edi Markuat.

Selain itu, ada beberapa Tugas yg sangatlah penting Yang dilakukan pihak personel KODIM 0421/ LS Yang tergabung di PLTU Sebalang meliputi sebagai pengawas penerimaan kualitas, kuantitas batubara, proses draft survei, final draft. Serta mengawal sempel batubara guna preparation untuk di uji di laboratorium di PT Bukit Asam (Persero).

Salah Satu personil KODIM 0421/LS. Dari Koramil 421-10 KTB Sertu Rahmat menyampaikan, kegiatan yang diamanatkan dari komando atas, kepada dirinya beserta 5 rekannya sangat bermanfaat dalam menambah wawasan di luar kemiliterannya seperti bidang sumberdaya alam dan mineral, ketenagakerjaan.

“Saya sendiri sejak 1 tahun bergabung dengan PLTU Sebalang, dan seperti biasa tugas dan tak lama lagi akan mengalami roling. Semoga kedepannya rekan yang akan menggantikan kami cepat berorentasi dengan lingkungan, serta bisa bersinergi dan dapat bermanfaat untuk Masyarakat sekitar dan negara Indonesia pada umumnya,” ujarnya. (RL/Lex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *