Pemkab Dukung ASO, Ini Penjelasan Diskominfo Lamsel Soal Televisi Digital

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mendukung migrasi dari televisi analog ke televisi digital atau Analog Switch Off (ASO).

Pihak Diskominfo Kabupaten Lampung Selatan menerangkan jika, pemerintah pusat akan menghentikan siaran tv analog dan beralih ke tv digital pada November 2022 mendatang. Namun, pihaknya menjelaskan keuntungan dari penggunaan tv digital itu.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Diskominfo Lampung Selatan Firmansyah menyebut, dari penjelasan pihak kementerian terkait ASO pada saat vicon beberapa waktu lalu diketahui jika, pengguna tv digital akan mendapatkan siaran (tontonan) gratis alias tidak perlu berlangganan, lalu penerimaannya lewat antena UHF seperti tv analog, kualitas gambar dan suaranya superior.

Tak hanya itu, lanjut Firman, gambar (tv) tidak bertitik saat sinyal lemah serta program siaran lebih banyak.
“Untuk ini (masyarakat) gunakan alat Set Top Box (STB), apabila tv belum digital,” jelasnya Kamis 10 Febuari 2022.

Terkait dengan rencana bantuan STB dari Kementerian Kominfo RI, Firman belum dapat merincikan hal itu. Pasalnya, pihaknya belum mendapatkan arahan atau surat resmi dari kementerian terkait.

Namun demikian, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak dinas sosial setempat, untuk meminta data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), karena informasi yang beredar, pihak yang mendapatkan bantuan STB dari Kemenkominfo itu merujuk data itu.
“Informasinya begitu, menggunakan DTKS. DTKS kita 684.123. Namun, secara teknis kita belum tahu apakah bantuan (STB) itu langsung dari pusat dan kita hanya pendamping atau melalui (dinas) sosial atau dari kita. Ini yang masih kita tunggu. Yang pasti, kita pasti mendukung apapun kebijakan dari pusat,” sebutnya. (Lex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *