Secara Logisitik dan Nakes, Lamsel Siap Lakukan Vaksinisasi Covid19

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui dinas kesehatan, menyatakan siap untuk melakukan vaksinasi Covid-19, baik dilihat secara logistik maupun tenaga kesehatan.

Hal ini ditegaskan oleh Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Lampung Selatan Hari Surya Wijaya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin 7 Desember 2020.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pihak Kementerian Kesehatan terkait vaksinisasi untuk Covid-19 tersebut.
“Secara logistik dan tenaga kesehatan kita siap melakukan vaksinisasi. Cuma untuk juknis yang kita masih nunggu dari kementerian, sebagai payung hukum-nya,” ungkap Hari.

Berdasarkan hal yang Ia ketahui dari pemberitaan media, bahwa vaksin untuk Covid-19 sudah masuk ke Indonesia.
“Ya, saya baca berita katanya sudah. Makanya kita juga ikut mempersiapkan diri, manakala nantinya dilakukan vaksinisasi,” jelasnya.

Ia pun membeberkan, untuk tenaga kesehatan pihaknya akan mengedepankan tenaga kesehatan dan para medis yang ada di Puskesmas, termasuk petugas dari Public Service Center (PSC 119).
“Kami kira, proses vaksinisasi ini serupa dengan kegiatan vaksinisasi rutin. Tapi untuk teknis pelaksanaan, tetap kami nunggu Juknis dari pusat,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga masih menunggu terkait penggunaan anggara untuk proses vaksinisasi Covid-19 tersebut apakah bersumber dari APBN, BTT atau APBD melalui refocussing.
“Karena (vaksin) ini diberikan kepada seluruh masyarakat lantaran sifatnya sebagai langkah untuk pencegahan, makanya kita lihat dulu Juknisnya. Karenakan ini butuh anggaran juga untuk proses (vaksinisasi)nya. Mungkin dibutuhkan juga anggaran untuk sosialisasinya,” tandasnya. (Lex)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *