Awas Pohon Tumbang..!! Segera Lapor ke Tim Darurat Bencana Lamsel

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Tim Cepat Darurat Bencana Kabupaten Lampung Selatan, mengimbau masyarakat untuk melapor jika terdapat pohon besar disekitar, yang berpotensi dapat tumbang/roboh.

Pasalnya, sejak beberapa waktu belakangan, kondisi angin sedang kencang dan diiring dengan intensitas hujan tinggi, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan pohon roboh dan menimbulkan korban jiwa.

Bacaan Lainnya

Ketua Koordinator Tim Cepat Darurat Bencana Lampung Selatan AKP Edwin W.D Putra menyampaikan, pihaknya bersama sejumlah OPD semacam BPBD, Dishub, DisKarMat, DLH, Dinsos dan sejumlah OPD terkait dapat melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang dapat tumbang akibat diterjang angin kencang.
“Kalau ada masyarakat yang merasa terdapat pohon yang kiranya sudah membahayakan atau sudah tidak bisa berdiri tegak, silahkan hubungi ke kami atau ke Dinas Lingkungan Hidup atau Pemkab Lamsel,” kata AKP Edwin yang juga menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Lampung Selatan itu.

Apabila terdapat laporan, AKP Edwin WD menjelaskan, pihaknya akan segera melakukan penebangan ataupun pemangkasan terhadap pohon-pohon yang sudah dianggap rawan itu.
“Tim kita selalu siap sedia. Kemarin juga ada pelaksanaan pemotongan setelah ada informasi dari masyarakat,” tuturnya.

Dia menambahkan, pihak Satlantas Polres Lampung Selatan pun akan memanfaatkan momentum Operasi Zebra Krakatau 2021, untuk melakukan survei mencari pohon-pohon yang sudah dianggap rawan tumbang.
“Sembari Operasi Zebra, ya kita survey dulu baru sehingga tim dapat melakukan pemangkasan,” jelasnya.

AKP Edwin W.D Putra pun menyatakan, pemangkasan pohon itu juga dilakukan untuk mempersiapkan momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Karena biasanya, terjadi arus lalu lintas yang padat.
“Persiapan Natal dan Tahun Baru juga. Makanya, mohon sampaikan ke tim sehingga kita dapat menekan tingkat fatalitas apabila terjadi pohon tumbang,” tandasnya. (Lex)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *