Dekatkan Pelayanan Pada Masyarakat, Dinkes Lamsel Akan Benahi Pustu & Andalkan PSC

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Guna mendekatkan diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, akan membenahi pusat layanan kesehatan pembantu (Pustu).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Joniyansyah menjelaskan, pembenahan terhadap Pustu itu akan mulai difokuskan pada tahun depan.

Bacaan Lainnya

Dimana, Ia menjelaskan, pembenahan itu tidak hanya untuk sarana dan prasaran semata, tetapi pembenahan terhadap sumber daya manusia (SDM) di lapangan.
“Itu yang kita fokusnya tahun depan. Ya, sarana dan prasarananya dan juga SDM-nya, semua kita benahi,” ujarnya.

Menurutnya, kenapa pihaknya berencana membenahi itu, karena tenaga kesehatan di Pustu merupakan garda terdepan bagi pihak kesehatan, yang berhubungan langsung dengan pelayan terhadap masyarakat di bawah.
“Kawan-kawan di Pustu itu lebih dekat dengan masyarakat, dan mereka juga sifatnya melayani sehari-hari secara langsung,” jelas Joni.

Tak hanya itu, Joni menegaskan, dinas kesehatan juga akan mengandalkan Public Service Center (PSC) 119. Dimana, PSC dapat melayani masyarakat secara mobile dengan luasan jangkauan dengan menghubungi nomor layanan 119.
“Kalau PSC, nanti dia sama seperti UPT. Karena disana (PSC_red) ditempatkan juga tenaga dokter, perawat dan driver (mobil) untuk penanganan kegawatdaruratan,” jelas Joni. (Lex)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *