Wabup Pandu Kesuma Dewangsa Buka ‘Job Fair’ Lampung Selatan, Ini Harapannya

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan – Perusahaan yang mengikuti Bursa Kerja atau ‘Job Fair’ di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) diharapkan dapat selalu bertambah setiap tahunnya.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Kabupaten Lamsel Pandu Kesuma Dewangsa ketika diwawancarai usai membuka Job Fair Pemkab Lamsel 2022 di Gor Way Handak Kalianda, Selasa 22 Febuari 2022.

Bacaan Lainnya

Dirinya berharap supaya para perusahaan di Lamsel dapat mengikuti Job Fair yang diadakan Pemkab setempat guna membantu penyerapan tenaga kerja lokal.
“Kalau bisa setiap tahun ada dan apabila memang ada perusahaan yang tidak hadir kalau bisa tahun depan bisa ikut serta, selalu bertambah,” katanya.

Job Fair 2022 ini, kata Pandu, sudah cukup banyak perusahaan yang mengikuti yakni sebanyak 17 perusahaan dan 2 lembaga pelatihan.
“Kita dari 2019 sampai 2022 ini baru ada Job Fair. Banyak sekali karena memang perusahaan yang tutup karena pandemi dan alhamdulillah ini penerimaannya sangat banyak,” tuturnya.

Wabup Lamsel ini menambahkan, masyarakat diharapkan dapat selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 supaya roda perekonomian pun dapat terus bangkit sehingga pihak perusahaan semakin banyak yang membuka lapangan pekerjaan.
“Harapannya tahun depan bisa terus bertambah, apabila tidak ada pandemi tapi ya. Untuk itu saya meminta juga disini kesadaran masyarakat lamsel untuk menjalankan protokol kesehatan secara teratur,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamsel Syaiful Azumar mengatakan dirinya sangat berterimakasih atas adanya bursa kerja yang diadakan Pemkab setempat itu.

Karena menurutnya, dengan adanya Bursa Kerja maka para pencari kerja dapat dimudahkan untuk mencari pekerjaan sesuai yang diinginkan dan juga sesuai kemampuan masing-masing.
“Kami komisi 4 DPRD Lamsel mendukung sekali dan mengapresiasi kegiatan ini. Semoga dengan kegiatan ini masyarakat Lamsel khususnya pencari kerja dapat memilih langsung pekerjaan yang diinginkannya yang juga sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kemampuannya,” katanya.

Menurutnya, antusias masyarakat Lamsel yang mencari kerja melalui bursa kerja pada hari ini sudah cukup tinggi. Itu terlihat dari banyaknya para pencari kerja yang datang ke lokasi. “Hari ini para pencari kerja sangat antusias,” tuturnya.

Untuk itu dirinya berharap supaya Pemkab Lamsel ataupun Disnakertrans dapat berkomunikasi dengan para perusahaan lainnya supaya dapat mengikuti Job Fair Pemkab Lamsel selanjutnya.
“Semoga bisa dilaksanakan secara rutin dan teragenda, minimal 1 tahun sekali. Harapan kita untuk tahun kedepan perusahaan-perusahaan di Lamsel sebanyak kurang lebih 500 bisa ikut berpartisipasi. Kadisnakertrans bisa lebih aktif lagi berkomunikasi terhadap pihak perusahaan supaya ada penambahan,” harapnya.

Sementara, Kadisnakertrans Lamsel Anas Anshori menjelaskan, setidaknya terdapat 17 perusahaan dan 2 lembaga pelatihan yang mengikuti Job Fair Lamsel 2022 ini.
“Ada 19 total, Ada tadi BP2MI menawarkan juga untuk bekerja di luar negeri,” katanya.

Pada pelaksanaan ini, Anas menjelaskan, jumlah para pencari kerja yang datang jauh lebih meningkat jika dibanding pada Job Fair Lamsel yang sebelumnya dilaksanakan yakni pada 2019.
“Ini dibuka cuman 1 hari, dimanfaatkan lah. Ada memang perusahaan itu yang buka lowongan pekerjaan yang berkelanjutan. Kalau dibanding 2 tahun yang lalu, lebih banyak yang sekarang. Pesertanya lebih ramai,” katanya.

Dia pun mengungkapkan pihaknya berencana menggelar Job Fair itu untuk setiap tahun.
“Bagusnya memang setiap tahun. Yang penting itu bagaimana mempermudah buat mencari pekerjaan,” tandasnya. (KT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *