Bahaya Limbah ‘Infeksius’ Bekas Pasien Isolasi Mandiri di Rumah

BERITAKITA.CO.ID, Lampung – Limbah infeksius dari pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah, ternyata menjadi salah satu sumber penyebaran Covid-19.

Limbah infeksius berupa masker, tisu, plastik bekas makanan dan minuman, serta makanan sisa pasien isolasi mandiri dapat menjadi salah satu sumber penyebaran Covid-19. Demikian disampaikan dr Aditya M Biomed, Ketua IDI Kota Bandarlampung, yang dilansir dari RRI.
“limbah medis pasien isolasi mandiri merupakan sumber penyebaran Covid-19 yang tidak diprediksi sebelumnya,” tegas dr. Aditya M. Biomed (01/07/2021).

Menurut dr. Aditya, harus terdapat terobosan dan inovasi sehingga limbah dari mantan pasien tidak mencemari lingkungan bahkan menularkan virus.

Pihaknya mengimbau warga atau pasien yang melakukan isolasi mandiri bisa bekerjasama dengan petugas kebersihan lingkungan setempat dengan membedakan limbah domestik dan limbah pasien isolasi mandiri atau dapat berkoordinasi dengan pelayanan kesehatan terdekat.

Limbah infeksius pasien isoman dapat diikat erat dan diberi keterangan “limbah infeksi” atau “limbah pasien covid” agar petugas pengumpul sampah dapat waspada saat pengambilan sampah.

(Sumber : RRI)

About The Author

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *