Bulan Imunisasi, 200.163 Anak di Lamsel Bakal Mendapatkan Vaksin Campak

BERITAKITA.CO.ID, Lampung Selatan РDinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan mulai mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022.

Sasaran anak yang akan mendapatkan vaksin Measles Rubella (MR) untuk pencegahan penyakit campak dan rubella itu yakni sebanyak 200.163 orang.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Basuki Didik Setiawan mengatakan, pemberian vaksin MR pada BIAN yakni untuk anak usia 9 bulan – paling lama 1 hari sebelum anak berusia 12 tahun.

Sedangkan, untuk pemberian vaksin MR sendiri yakni, para orang tua dapat membawa anak mereka ke posyandu. Namun, untuk anak usia sekolah, dinas kesehatan akan melakukan imunisasi ke sekolah-sekolah, selama BIAN.
“Untuk BIAN ini, khusus untuk vaksin campak. Sesuai dengan komitmen global (negara anggota WHO) supaya tahun 2023 seluruh negara (terjadi) eleminasi campak. Nah, termasuk Indonesia yang masuk dalam keanggotaan WHO,” kata Didik mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan Joniyasnyah.

Ia pun menyampaikan, untuk anak yang masuk dalam usia sasaran, wajib mendapatkan vaksin MR, supaya anak dapat terhindar dari penyakit campak dan rubella.
“Untuk saat ini, Lampung Selatan sudah mendapatkan sebagian stok vaksin dari Kemenkes RI sebanyak 5.600 vial atau 56.000 dosis,” terangnya. (Lex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *